Washington Peringatkan Venezuela Tak Sentuh Diplomat AS

loading…

Amerika Serikat (AS) memperingatkan pemerintah Venezuela untuk tidak menyentuh, terlebih melakukan tindakan yang mengancam diplomat AS dan tokoh oposisi. Foto/Reuters

WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) memperingatkan pemerintah Venezuela untuk tidak menyentuh, terlebih melakukan tindakan yang mengancam diplomat AS dan tokoh oposisi. Washington menyebut, mereka akan merespon dengan keras jika hal semacam itu terjadi.

“Setiap kekerasan dan intimidasi terhadap personel diplomatik AS, pemimpin demokrasi Venezuela Juan Guiado, atau Majelis Nasional itu sendiri akan mewakili serangan besar terhadap aturan hukum dan akan disambut dengan tanggapan yang signifikan,” kata penasihat keamanan nasional AS, John Bolton.

Bolton, di kesempatan yang sama menggaungkan kembali pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, bahwa pemerintah Kuba telah membantu Venezuela dan telah secara langsung memperburuk keadaan di Venezuela.

Baca Juga:

“Dukungan dan kontrol Kuba atas pasukan keamanan dan paramiliter Maduro sudah terkenal,” ungkapnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (28/1).

Presiden Kuba, Miguel Diaz-Canel sendiri sebelumnya telah melemparkan kecaman terhadap Pompeo atas pernyataanya. Diaz-Canel menyebut pernyataan itu sebagai fitnah belaka.

“Ancaman intervensi ini, penuh dengan fitnah dan kesombongan, akan hancur berkeping-keping ketika mereka menghadapi tekad orang-orang yang tidak pernah menyerah pada kemerdekaan dan kedaulatan mereka,” ucap Diaz-Canel

(esn)