Suriah: Israel Diberi Kekebalan Hukum oleh DK PBB

loading…

Kemlu Suriah sebut serangan Israel bisa dilakukan karena adanya kekebalan yang diam-diam disetujui oleh AS dan beberapa anggota Dewan Keamanan (DK) PBB lainnya. Foto/Reuters

DAMASKUS – Kementerian Luar Negeri Suriah memberi tahu PBB bahwa serangan udara Israel terhadap Suriah hanya mungkin dilakukan dengan dukungan Amerika Serikat (AS). Selain itu, lanjut Kemlu Suriah, serangan ini juga bisa dilakukan karena adanya kekebalan yang diam-diam disetujui oleh beberapa anggota Dewan Keamanan (DK) PBB lainnya.

“Serangan semacam itu hanya mungkin terjadi berkat dukungan tak terbatas yang diberikan oleh pemerintah AS,” kata Kemlu Suriah dalam sebuah surat yang dikirim ke Sekretaris Jenderal PBB dan Presiden DK PBB, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (22/1).

“Selain itu adanya kekebalan dari penyelidikan yang diperluas untuk Israel oleh sejumlah negara di DK PBB, serta rezim diam total yang diberlakukan negara-negara ini di PBB Dewan Keamanan untuk mencegah badan ini dari memenuhi perannya dalam memukul mundur serangan-serangan kriminal ini,” sambungnya.

Baca Juga:

Sebelumnya diwartakan, Sistem pertahanan udara Suriah menangkis rentetan serangan empat pesawat jet tempur F-16 Israel. Menurut militer Rusia, sebanyak tujuh rudal dari jet-jet tempur rezim Zionis ditembak jatuh.

Tidak ada kerusakan atau pun korban jiwa yang dilaporkan dalam serangan tersebut. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serbuan Israel terjadi sekitar pukul 13.32 siang waktu setempat pada hari Minggu waktu Damaskus.

Sementara itu, Militer Tel Aviv mengatakan, serangan ke Suriah adalah respon atas tembakan misil oleh pasukan Iran dari Suriah ke wilayah Israel dengan tujuan untuk menghantam Dataran Tinggi Golan utara.

Menteri Intelijen Israel, Israel Katz kemudian menyatakan konfrontasi terbuka dengan Iran di negara yang dipimpin Presiden Bashar al-Assad tersebut.

(esn)