Soal Opsi Militer, Oposisi Venezuela: Semua Dipertimbangkan

loading…

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengatakan, dia telah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Trump dan menyebut, opsi militer bukan hal yang mustahil. Foto/Reuters

CARACAS – Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido mengatakan, dia telah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Dia lalu menyebut, opsi militer di Venezuela bukan hal yang mustahil.

“Semua opsi berada di atas meja,” kata Guaido dalam sebuah wawancara dengan CNN, ketika ditanya tentang kemungkinan opsi militer di Venezuela, seperti dilansir Reuters pada Selasa (29/1).

Dalam wawancara itu, Guaido juga menyatakan bahwa oposisi Venezuela yakin dapat mencapai transisi damai dari Presiden Nicolas Maduro dan pada akhirnya mengadakan pemilihan bebas di negara Amerika Latin itu.

Baca Juga:

“Kami yakin kami dapat mencapai transisi damai, transisi dan akhirnya pemilihan bebas. Kita harus menggunakan tekanan besar agar seorang diktator pergi, menginstal pemerintahan transisi dan mengadakan pemilihan umum yang bebas,” ungkapnya.

Pria yang telah memproklamirkan diri sebagai presiden sementara Venezuela itu kemudian mengatakan, dia akan menawarkan amnesti kepada militer Venezuela dan mungkin juga kepada Maduro

Guaido, yang telah memimpin gerakan melawan Maduro dengan dukungan dari AS dan negara-negara Barat lainnya, berbicara setelah Washington memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap perusahaan minyak milik negara, PDVSA.

(esn)