Serbia-Rusia Teken Kerjasama Pengembangan Nuklir

loading…

Perusahaan energi atom Rusia, Rosatom menuturkan Rusia dan Serbia telah menandatangani dokumen kerja sama strategis untuk penggunaan energi nuklir secara damai. Foto/Istimewa

MOSKOW – Perusahaan energi atom negara Rusia, Rosatom menuturkan Rusia dan Serbia telah menandatangani dokumen kerja sama strategis untuk penggunaan energi nuklir secara damai.

Dalam sebuah pernyataan, Rosatom menuturkan perjanjian tersebut yang ditandangai oleh Direktur Jenderal Rosatom, Alexey Likhachev dan Menteri Teknologi Serbia, Nenad Popovich, dieteken saat Presiden Rusia, Vladimir Putin melakukan kunjungan ke Serbia.

Likhachev dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (18/1), menuturkan bahwa kerjasama ini termasuk pembangunan pusat sains, teknologi, dan inovasi nuklir.

Baca Juga:

“Secara khusus, implementasi proyek untuk membangun pusat ilmu nuklir, teknologi dan inovasi tidak hanya akan memberikan dorongan kuat untuk kerja sama bilateral antara Rusia dan Serbia di sejumlah bidang inovatif, termasuk kedokteran, industri dan pertanian, tetapi akan juga berfungsi sebagai platform untuk kerja sama di tingkat seluruh kawasan Eropa Tengah,” kata Likhachev.

Dia kemudian, mengatakan perjanjian tersebut juga memungkinkan untuk kerjasama di beberapa bidang, termasuk penciptaan dan peningkatan infrastruktur energi nuklir Serbia, desain, konstruksi dan modernisasi reaktor nuklir penelitian.

Selain itu, kerjasama ini juga mencakup pengembangan aplikasi teknologi radiasi di bidang pertanian dan industri, pendidikan, pelatihan dan pelatihan ulang spesialis untuk industri nuklir, serta pengembangan teknologi kedokteran berbasis nuklir.

(esn)