Sepasang Bomber Supersonik Rusia Berdengung di Dekat Amerika Utara

loading…

Pesawat pembom Blackjack Tu-160 Rusia. Foto/REUTERS

WASHINGTON – Sepasang pesawat pembom (bomber) supersonik Blackjack Tu-160 Rusia berdengung di dekat Amerika Utara pada hari Sabtu. Manuver pesawat pembom berkemampuan nuklir itu memaksa jet tempur Amerika Serikat (AS) dan Kanada melakukan intersepsi.

Militer AS telah mengonfirmasi kehadiran pesawat pembom Moskow tersebut.

“Dua pembom Rusia Blackjack Tu-160 tetap berada di wilayah udara internasional, tetapi dikawal oleh dua jet tempur Angkatan Udara AS F-22 dan dua jet CF-18 Kanada,” bunyi pernyataan Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara, yang lebih dikenal sebagai NORAD, yang dilansir Fox News, Minggu (27/1/2019).

Baca Juga:

Menurut NORAD, jet tempur F-22 AS yang menjalankan misi intersepsi itu terbang dari pangkalan Angkatan Udara di Alaska.

Penerbangan pembom Rusia di dekat Amerika Utara tercatat sebagai penerbangan pertama pada tahun ini. Aksi pesawat Tu-160 itu bertepatan dengan kunjungan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ke Washington untuk bertemu Menteri Luar Negeri Michael Pompeo, pelaksana tugas Menteri Pertahanan Pat Shanahan dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton.

Stoltenberg menyambangi Washington setelah Presiden Donald Trump mempertimbangkan menarik Amerika Serikat keluar dari NATO.

Petemuan pesawat militer Rusia dengan AS sudah sering terjadi. Pada 2017, pesawat pembom berkemampuan nuklir AS terbang di atas Laut Baltik dan dicegat atau diintersepsi oleh jet tempur Rusia.

Pada tahun 2018 pesawat pembom Rusia yang dikawal oleh jet tempur terbang di dekat Alaska pada 11 September dan memicu AS mengerahkan beberapa jet tempur F-22 untuk mengintersepsi.

(mas)