Rusia Tidak Berencana Komunikasi dengan Oposisi Venezuela

loading…

Peskov menekankan, Rusia belum melakukan kontak dengan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya dalam waktu dekat. Foto/Reuters

MOSKOW – Juru bicara Kremlin, Dmirty Peskov menekankan, Kremlin belum melakukan kontak dengan pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido, dan tidak memiliki rencana untuk melakukan komunikasi dalam waktu dekat.

Peskov mengatakan, masyarakat Venezuela sendiri harus menyelesaikan situasi di negara itu dalam kerangka konstitusi. Dia lalu menyebut campur tangan eksternal hanya akan memperburuk situasi, sehingga Rusia menghindari ini, tidak seperti negara lain.

“Sekarang, yang utama adalah bahwa Venezuela sendiri harus menyelesaikan semua perbedaan yang mungkin ada di antara mereka dalam kerangka bidang konstitusional,” ucap Peskov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (28/1).

Baca Juga:

“Satu-satunya cara kita dapat membantu adalah tidak ikut campur dalam situasi ini, seperti yang dilakukan beberapa negara secara langsung. Intervensi hanya memperburuk situasi ini,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Peskov juga menepis laporan bahwa Rusia diduga memastikan perlindungan bagi Presiden Venezuela, Nicolas Maduro. Dia juga membantah Moskow sedang membahas kemungkinan bantuan militer dan keuangan kepada Venezuela.

“Anda tahu, ini adalah laporan yang berhubungan dengan teori konspirasi. Dapat dilihat di lapangan, penjaga keamanan di Venezuela, yang menjaga Maduro, berpikir secara logis. Jangan bereaksi terhadap sebuah desas-desus,” tukasnya.

(esn)