Rusia Siap Bantu Venezuela, Tawarkan Diri Jadi Mediator

loading…

Rusia mengajukan diri untuk menjadi mediator bagi pemerintahan Nicolas Maduro dengan oposisi yang dipimpin oleh Juan Aguido. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian

MOSKOWRusia menawarkan diri untuk membantu Venezuela mengakhiri krisis politik berkepanjangan. Kepala Departemen Amerika Latin Kementerian Luar Negeri Rusia, Alexander Shchetinin mengatakan, jika diperlukan Rusia siap untuk menjadi mediator antara pemerintah Venezuela dan oposisi.

“Jika upaya kita diperlukan, kita siap untuk melakukan upaya itu,” ujar Shchetinin seperti dikutip dari AP, Sabtu (26/1/2019).

Tawaran ini pun mendapat tanggapan dari Duta Besar Venezuela untuk Rusia Carlos Rafael Faria Tortosa.

Baca Juga:

“Kami mendengar tentang usulan pihak Rusia untuk membantu, jika perlu, sebagai perantara dalam dialog antara pemerintah Venezuela dan oposisi,” ujarnya seperti dikutip dari Newsweek.

Tortosa mencatat bahwa Presiden Venezuela Nicolas Maduro menerima tawaran itu karena Rusia mempunyai pengalaman serupa yang hebat dalam menengahi konflik dunia.

Sebelumnya, Moskow telah mengecam keputusan Amerika Serikat (AS) yang mengakui pemimpin oposisi sebagai presiden sah Venezuela. Moskow menyebut hal itu sebagai sebuah percobaan kudeta.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun telah menelepon Maduro untuk menawarkan dukungan dan menekankan bahwa campur tangan asing telah merusak menginjak norma-norma dasar hukum internasional.

Rusia telah menjadi sponsor dan sekutu utama Venezuela. Bulan lalu Rusia mengerahkan dua pembom yang berkemampuan membawa bom nuklir Tu-160 ke Venezuela selama beberapa hari.

(ian)