Rusia Peringatkan AS Soal Intervensi Militer di Venezuela

loading…

Rusia memperingatkan Amerika Serikat (AS) terhadap campur tangan militer dalam urusan Venezuela, dengan mengatakan itu akan menjadi bencana. Foto/Reuters

MOSKOW – Rusia memperingatkan Amerika Serikat (AS) terhadap campur tangan militer dalam urusan Venezuela. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov mengatakan, jika intervensi militer dilakukan, maka itu akan menjadi bencana.

“Kami memperingatkan ini. Kami percaya bahwa ini akan menjadi skenario bencana yang akan mengguncang pondasi model pembangunan yang kita lihat di wilayah Amerika Latin,” kata Ryabkov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (24/1).

Dia kemudian menekankan bahwa Moskow akan mendukung Caracas dalam masalah ini. Rybakov menyesalkan bahwa Organisasi Negara-negara Amerika sebagian besar terlibat dalam hal ini dan menambah apa yang dia sebut bahan bakar ke dalam api.

Baca Juga:

“Ketika kita melihat bagaimana situasi di Venezuela berkembang, kami mencatat keinginan kelompok negara tertentu, termasuk AS, untuk menggunakan platform yang berbeda seperti Organisasi Negara-negara Amerika, untuk meningkatkan tekanan pada sekutu kami Venezuela di bawah dalih yang berbeda. Tetapi kami selalu mendukung dan akan mendukung Venezuela yang bersahabat yang merupakan mitra strategis kami,” tukasnya.

Brasil dan Organisasi Negara-negara Amerika mengikuti jejak AS untuk mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido pebagai pemimpin interim Venezuela, bahkan sebelum itu diumumkan secara resmi.

Argentina, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Guatemala, Panama, dan Paraguay mengikutinya sementara itu Bolivia dan Meksiko terus mengakui Nicholas Maduro sebagai pemimpin Venezuela.

(esn)