Rusia-PBB Serukan Pembentukan Komite Konstitusi Suriah Segera

loading…

Menlu Rusia, Sergey Lavrov dan Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Geir Pedersen tegaskan pentingnya meluncurkan komite konstitusi Suriah sesegera mungkin. Foto/Istimewa

MOSKOW – Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov bertemu Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Suriah, Geir Pedersen di Moskow. Dalam pertemuan itu keduanya menggarisbawahi pentingnya meluncurkan komite konstitusi Suriah sesegera mungkin.

“Pertukaran pandangan terperinci diadakan pada prospek mempromosikan proses politik yang dipimpin dan dilakukan oleh Suriah sendiri, dengan bantuan PBB, berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254,” kata Kemlu Rusia.

“Dalam hal ini, para pihak menekankan pentingnya meluncurkan komite konstitusi yang didukung oleh partai-partai Suriah – pemerintah Suriah dan oposisi sesegera mungkin,” sambungnya, seperti dilansir Tass pada Selasa (22/1).

Baca Juga:

Kemlu Rusia kemudian mengatakan, dalam pertemuan itu keduanya juga sepakat masalah kemanusiaan juga harus dipertimbangkan dalam pembangunan kembali Suriah. Ini termasuk pemulihan infrastruktur dasar, juga dalam konteks menciptakan kondisi untuk pengembalian pengungsi yang layak dan aman dan orang-orang yang dipindahkan secara internal ke tempat-tempat tinggal permanen mereka.

Keputusan untuk membentuk komite konstitusi disepakati pada Kongres Dialog Nasional Suriah, yang diadakan di resor Laut Hitam Rusia Sochi pada 30 Januari 2018.

Komite yang akan bekerja pada konstitusi baru negara itu seharusnya mencakup perwakilan dari Pemerintah dan oposisi Suriah, serta anggota masyarakat sipil. Mantan Utusan PBB untuk Suriah, Stafan de Mistura mengatakan bahwa tidak lebih dari 50 orang harus menjadi anggota komite.

(esn)