Rusia Pantau Kapal Perang AS di Laut Hitam

loading…

Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan, Armada Laut Hitam mereka memantau dengan dekat kapal perang AS yang beroperasi di wilayah Laut Hitam. Foto/Istimewa

MOSKOW – Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan, Armada Laut Hitam mereka memantau dengan dekat kapal perang Amerika Serikat (AS) yang beroperasi di wilayah Laut Hitam.

“Satuan Armada Laut Hitam mulai melacak USS Donald Cook, sebuah kapal perusak, segera setelah memasuki Laut Hitam,” kata Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Minggu (20/1).

“Kapal penjaga Pytlivy mengawasi tindakan kapal perang AS, menggunakan sarana pengawasan elektronik dan teknis selama seluruh periode kehadiran kapalitu di zona yang berada di bawah tanggung jawab Armada Laut Hitam,” sambungnya.

Baca Juga:

Menurut peraturan yang ada, kapal perang AS, yang merupakan armada miliki negara yang tidak terletak di wilayah Laut Hitam, tidak diperbolehkan tinggal di laut lebih lama dari 21 hari.

Angkatan Laut AS sendiri sebelumnya mengatakan bahwa kapal perang mulai menuju ke Laut Hitam untuk melakukan operasi keamanan maritim.

Rusia mulai memeriksa kapal-kapal komersial dan mengawasi kapal perang yang berlayar melalui Laut Azov dan Selat Kerch di Laut Hitam setelah meresmikan jembatan di atas selat. Pada 25 November, Rusia menangkap tiga kapal Angkatan Laut Ukraina dan 24 pelaut di atas kapal yang berusaha berlayar melalui Selat Kerch ke Laut Azov.

(esn)