Rusia: Helikopter Angkut Anggota ISIS dari Pakistan ke Tajikistan

loading…

Rusia sebut sebuah helikopter tidak dikenal mengangkut sejumlah besar anggota ISIS dari Pakistan ke perbatasan dengan Tajikistan, dekat dengan perbatasan Rusia. Foto/Reuters

MOSKOW – Wakil Menteri Dalam Negeri Rusia, Igor Zubov mengatakan, sebuah helikopter tidak dikenal mengangkut sejumlah besar anggota ISIS dari Pakistan ke perbatasan dengan Tajikistan, dekat dengan perbatasan selatan Rusia.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (28/1), Zubov menuturkan, pihaknya melihat ada beberapa persiapan untuk tindakan provokasi yang dapat mempengaruhi Rusia.

“Anggota ISIS dalam jumlah besar diangkut dari wilayah Pakistan ke perbatasan dengan Tajikistan. Di daerah itu, mungkin, para militan mungkin melakukan provokasi besar-besaran yang akan mengakibatkan sejumlah besar pengungsi melarikan diri dari wilayah itu. Ini akan berdampak pada Rusia,” ucap Zubov.

Baca Juga:

Pernyataan Zubov ini datang tidak lama setelah Kolonel Jenderal Andrey Novikov kepala “Commonwealth of Independent States Anti-Terrorism Center” mengatakan bahwa ISIS mendapatkan pijakan baru untuk penempatan pasukannya di Afghanistan dan Pakistan.

Novikov mengatakan, anggota ISIS sedang diangkut ke Afghanistan dan Pakistan setelah menghadapi kekalahan di Suriah dan juga Irak.

Tahun lalu, kantor berita Suriah, SANA melaporkan bahwa helikopter Amerika Serikat (AS) mengevakuasi pemimpin ISIS dari beberapa daerah di provinsi Deir ez-Zor, Suriah ke timur laut negara itu. Koalisi yang dipimpin AS, pada gilirannya, membantah semua tuduhan tersebut.

(esn)