Rusia: AS Sedang Cari Alasan untuk Kembali Sanksi Korut

loading…

Rusia mengatakan, Amerika Serikat (AS) sedang mencari-cari alasan untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara (Korut). Foto/Istimewa

PYONGYANG – Rusia mengatakan, Amerika Serikat (AS) sedang mencari-cari alasan untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara (Korut). Ini adalah respon atas tuduhan Washington bahwa Pyongyang mendapat sistem pertahanan udara dari Moskow.

Duta Besar Rusia untuk Korut, Alexander Matsegora mengatakan, tuduhan Korut diduga memperoleh teknologi pertahanan rudal Rusia adalah upaya AS untuk menemukan dalih untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi pada Pyongyang.

“Washington dengan tergesa-gesa mencari dalih lain untuk melanjutkan dan meningkatkan tekanan sanksi terhadap Korut. Tuduhan Amerika bahwa Korut telah memperoleh sistem pertahanan udara yang baru mungkin menghasilkan salah satu alasan seperti itu,” kata Matsegora, seperti dilansir Tass pada Jumat (18/1).

Baca Juga:

Sebelumnya diwartakan, AS dalam Tinjauan Pertahanan Rudal 2019 menuturkan bahwa Korut telah memperoleh teknologi pertahanan rudal Rusia dan sedang mengembangkan kemampuan pertahanan rudalnya sendiri.

“Meskipun mereka (Korut) sediri yang memproduksi sistem ini. Sistem pertahanan udara dan sistem radar itu memiliki kesamaan dengan sistem pertahanan yang dimilik oleh Rusia,” bunyi Tinjauan Pertahanan Rudal AS.

(esn)