Pompeo: Maduro Tak Berhak Putus Hubungan Diplomatik AS-Venezuela

loading…

Pompeo mengatakan Washington tidak percaya Nicolas Maduro memiliki wewenang hukum untuk memutuskan hubungan diplomatik antara Venezuela dengan AS. Foto/Reuters

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan Washington tidak percaya Nicolas Maduro memiliki wewenang hukum untuk memutuskan hubungan diplomatik antara Venezuela dengan AS. Washington menganggap Maduro bukan lagi pemimpin Venezuela.

“AS tidak mengakui rezim Maduro sebagai pemerintah Venezuela. Karenanya AS tidak menganggap mantan presiden Nicolas Maduro memiliki wewenang hukum untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan AS atau untuk menyatakan diplomat kami persona non grata,” kata Pompeo, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (24/1).

Pompeo juga meminta militer Venezuela untuk melindungi warga AS dan mengatakan Washington akan mengambil tindakan yang tepat untuk meminta pertanggungjawaban siapa pun yang membahayakan keselamatan personel Amerika.

Baca Juga:

Sebelumnya diwartakan, Maduro mengatakan Venezuela memutuskan semua hubungan diplomatik dengan AS. Dia juga mengusir para diplomat Washington dalam waktu 72 jam.

“Di hadapan orang-orang dan bangsa-bangsa di dunia, dan sebagai presiden konstitusional saya telah mengambil keputusan untuk memutuskan hubungan diplomatik dan politik dengan pemerintah imperialis AS,” kata Maduro saat berbicara dengan para pendukungnya hari Rabu waktu Caracas.

Langkah itu diambil Maduro setelah pemerintahan Presiden Donald Trump mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden interim negara itu. Pengakuan Trump itu membuat ketegangan kedua negara memanas.

Maduro mengatakan bahwa AS membuat “kesalahan besar” dengan mengakui Guaido sebagai presiden interim.

(esn)