PM Kanada Pecat Dubesnya untuk China karena Komentari Bos Huawei

loading…

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau (kanan) dan John McCallum, dubes Kanada untuk China yang baru saja dipecat. Foto/REUTERS

OTTAWA – Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau memecat duta besar (dubes)-nya untuk China, John McCallum. Musababnya, diplomat tersebut mengomentari kasus ekstradisi bos keuangan Huawei, Meng Wanzhou, yang memicu kehebohan publik.

McCallum telah mempermalukan pemerintah Trudeau dengan mengatakan Chief Financial Officer Huawei Technologies Co Ltd (HWT.UL) Meng Wanzhou bisa membuat argumen yang kuat untuk tidak diekstradisi ke Amerika Serikat.

Para legislator oposisi dan mantan duta besar menuduh McCallum melakukan intervensi politik yang tidak dapat diterima dalam skandal yang telah merusak hubungan antara Kanada dan China.

Baca Juga:

Meng, bos keuangan yang juga putri pendiri Huawei, ditangkap di Vancouver bulan lalu karena dugaan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran.

China kemudian menahan dua warga negara Kanada dengan alasan keamanan nasional. Pengadilan China juga mengadili seorang pria Kanada yang dipenjara karena penyelundupan narkoba dan menjatuhkan hukuman mati padanya.

“Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai duta besar Kanada untuk China,” kata Trudeau dalam sebuah pernyataan tanpa menjelaskan alasan pemecatan diplomatnya tersebut, seperti dikutip Reuters, Minggu (27/1/2019).

Para veteran diplomat dan pakar mengatakan kepada Reuters bahwa ini merupakan yang pertama kali seorang duta besar Kanada dipecat secara resmi.

Trudeau, pada hari Kamis lalu, mengaku tidak memiliki rencana untuk menggantikan McCallum yang meminta maaf pada hari yang sama atas komentar yang dia buat awal pekan ini.

Tetapi surat kabar Toronto Star pada hari Jumat mengutip diplomat tersebut mengatakan bahwa jika Washington membatalkan permintaan ekstradisi itu akan bagus untuk Kanada. McCallum, 68, adalah seorang mantan menteri kabinet Liberal, bukan diplomat terlatih.

Profesor Universitas Brock, Charles Burton, yang merupakan mantan diplomat Kanada yang pernah bertugas di China, mengatakan komentar McCallum tentang Meng untuk menghindari ekstradisi ke AS memberi isyarat kepada Beijing bahwa taktik garis kerasnya berhasil.

“Dia benar-benar membuatnya tidak dapat dipertahankan oleh perdana menteri untuk mendukungnya (dalam mempertahankan jabatannya) untuk waktu yang lama dan dia harus pergi,” kata Burton melalui telepon. Dia menyarankan Trudeau segera menunjuk utusan khusus untuk menangani perselisihan tersebut.

Juru bicara untuk PM Trudeau dan Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland menolak berkomentar ketika ditanya tentang pemecatan McCallum.

Andrew Scheer, pemimpin oposisi dari Partai Konservatif, mengatakan Trudeau seharusnya memecat duta besarnya pada saat ia ikut campur dalam kasus ekstradisi bos Huawei. Dia menuduh PM Trudeau lemah dan ragu-ragu.

(mas)