Pentagon: Iran dan Korut Masih Jadi Ancaman Terbesar AS

loading…

Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan menuturkan, kemampuan rudal yang dimiliki Iran dan Korut menjadikan mereka sebagai ancaman utama Washington. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Patrick Shanahan menuturkan, kemampuan rudal yang dimiliki Iran dan Korea Utara (Korut) masih menjadikan mereka sebagai ancaman utama Washington saat ini.

Berbicara saat menyampaikan Tinjauan Pertahanan Rudal 2019, Shanahan mengatakan, kemampuan rudal musuh-musuh AS seperti Korut dan Iran terus memainkan peran penting dalam strategi pertahanan AS.

“Sementara kita sedang membangun jalan baru menuju perdamaian di Semenanjung Korea, rudal Korut tetap menjadi keprihatinan yang signifikan, demikian juga Iran,” kata Shanahan dalam pidatonya di Pentagon, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (18/1).

Baca Juga:

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Kebijakan Pertahanan, John Rood mengatakan, bahwa Korut membuat sistem tambahan dan memiliki teknologi yang cukup canggih. Dia mengatakan, AS akan merespon hal itu dengan kuat dan efektif.

“Korut memiliki kemampuan rudal jarak jauh yang mampu mencapai AS. Ukuran konstruksi untuk ukuran pasukan pertahanan rudal kami akan cukup untuk melampaui skala ancaman Korut,” ucap Rood.

(esn)