Pejuang Revolusi Yang Mampu Mengubah Dunia

loading…

Setiap revolusi selalu ada tokoh sentral di dalamnya. Mereka ini yang menyuntikkan ide dan semangat sehingga gerakan revolusi mampu berhasil mencapai tujuannya. Ilustrasi/SINDOnews

SETIAP revolusi selalu ada tokoh sentral di dalamnya. Mereka ini yang menyuntikkan ide dan semangat sehingga gerakan revolusi mampu berhasil mencapai tujuannya. Berikut sejumlah pejuang revolusi yang mampu mengubah dunia.

1. Soekarno

Pejuang Revolusi Yang Mampu Mengubah Dunia

Presiden pertama RI ini memberikan segalanya untuk negeri ini dan membuat sebuah revolusi besar agar negaranya bebas dari genggaman Belanda yang melakukan kolonialiasi selama lebih dari 3,5 abad lamanya. Melalui tangan Soekarno, Indonesia bisa bangkit dan akhirnya menjadi sebuah negara yang berdaulat. Melalui ide-ide brilian dari Soekarno pula muncul organisasi besar dunia seperti gerakan non blok yang sangat dihormati.

2. Nelson Mandela

Pejuang Revolusi Yang Mampu Mengubah Dunia

Perjuangan revolusi tak hanya dilakukan di kawasan Asia dan Amerika saja. Negara-negara di Afrika, khususnya Afrika Selatan juga melakukannya. Salah satu tokoh yang sangat terkenal dalam gerakan ini adalah Nelson Mandela. Ia memperjuangkan hak masyarakat kulit hitam agar lebih diperlakukan adil dan praktik apartheid bisa dihapuskan dari Afrika Selatan.

Baca Juga:

3. Mahatma Gandhi

Pejuang Revolusi Yang Mampu Mengubah Dunia

Ia berjuang dengan sekuat tenaga selama bertahun-tahun agar India bisa lepas dari genggaman Inggris yang telah berpuluh-puluh tahun membuat koloni di India hingga penduduk tidak memiliki banyak kebebasan untuk berkembang. Apa yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi menginspirasi banyak tokoh dunia agar bisa lepas dari penjajahan.

4. Fidel Castro

Pejuang Revolusi Yang Mampu Mengubah Dunia

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Fidel Castro adalah salah satu tokoh paling berpengaruh dalam hal revolusi. Bahkan, perjuangan yang dilakukan oleh Fidel Castro membuat banyak negara di Amerika Latin, Asia, dan Afrika melakukan teknik sama untuk membuat revolusi mereka berhasil dengan sempurna. (Wahyono)

(poe)