Pejabat Senior Korut Dilaporkan Terbang ke AS

loading…

Media Korea Selatan (Korsel), Yonhap melaporkan setidaknya ada tiga pejabat Korea Utara yang bertolak ke Amerika Serikat, melalui bandara Beijing, China. Foto/Reuters

BEIJING – Media Korea Selatan (Korsel), Yonhap melaporkan bahwa seorang pejabat senior Korea Utara (Korut) sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat (AS) untuk mengadakan perundingan menjelang kemungkinan pertemuan puncak kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan pemimpin Korut, Kim Jong-un.

Yonhap, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (17/1), melaporkan setidaknya ada tiga pejabat Korut yang bertolak ke AS, melalui bandara Beijing, China. Salah satunya adalah Kim Yong Chol, yang tidak lain adalah mantan pemimpin badan intelijen Korut.

“Kim Yong Chol, mantan kepala mata-mata, tiba di bandara Beijing dan sudah memesan penerbangan untuk pergi ke Washington dengan dua pejabat Korut lainnya pada hari ini,” bunyi laporan Yonhap.

Baca Juga:

“Sebuah iring-iringan mobil yang mencakup mobil Duta Besar Korut dan mobil China dengan tanda bertuliskan “tamu negara” dapat terlihat berangkat dari area VIP di bandara,” sambungya.

Yong Chol telah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo tentang program senjata nuklir Korea Utara dan masalah terkait. Yong Chol sejatinya dijadwalkan bertemu Pompeo di New York November tahun lalu, namun pertemuan itu dibatalkan secara mendadak.

Trump dan Jong-un disebut-sebut akan melakukan pertemuan kedua di Vietnam pada bulan Februari mendatang. Pertemuan pertama keduanya berlangsung awal tahun lalu di Singapura.

(esn)