Palestina Minta PBB Kerahkan Pasukan Permanen di Yerusalem

loading…

Pemerintah Palestina meminta PBB untuk mengerahkan pasukan internasional permanen di Tepi Barat dan juga Yerusalem Timur. Foto/Istimewa

RAMALLAH – Pemerintah Palestina meminta PBB untuk mengerahkan pasukan internasional permanen di Tepi Barat dan juga Yerusalem Timur. Permintaan itu datang setelah Israel mengatakan mereka menangguhkan operasi pengamat di kota Hebron.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Saeb Erekat mengatakan, kehadiran pasukan internasional PBB di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sangat penting untuk memastikan keamanan warga Palestina di daerah itu.

“PBB harus menjamin keselamatan dan perlindungan rakyat Palestina sampai akhir masa pendudukan Israel,” kata Erekat dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (30/1).

Baca Juga:

Awal pekan ini, Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan tidak akan memperpanjang mandat Kehadiran Internasional Sementara di Hebron atau TIPH, dengan mengatakan Tel Aviv tidak akan membiarkan kelanjutan pasukan internasional yang bertindak melawan Israel.

TIPH telah mengerahkan pengamat sipil tak bersenjata sejak 1997. Ratusan pemukim Yahudi garis keras yang dijaga oleh tentara tinggal di jantung kota Hebron, di mana di wilayah itu juga terdapat lebih dari 200 ribu warga Palestina.

(esn)