Netanyahu Minta Rumania Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

loading…

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu meminta Rumania untuk memindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem. Foto/Reuters

TEL AVIV – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu meminta Rumania untuk memindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerusalem.Permintaan itu disampaikan Netanyahu saat bertemu dengan Perdana Menteri Rumania, Viorica Dancila di Yerusalem.

“Ini adalah kesempatan luar biasa untuk bertemu denganmu lagi. Hubungan antara Israel dan Rumania sangat fantastis. Mereka akan menjadi lebih kuat dengan kunjungan Anda,” katanya sambil berjabat tangan dengan Dăncilă.

“Saya harap Anda akan bertindak untuk menghentikan resolusi buruk terhadap Israel di Uni Eropa (UE). Dan juga, tentu saja, untuk memindahkan kedutaan Anda dan kedutaan lainnya ke Yerusalem. Kami menunggumu di Yerusalem,” sambungnya, seperti dilansir Jerusalem Post pada Jumat (18/1).

Baca Juga:

Netanyahu kemudian mengatakan kepada Dancila bahwa dengan perjuangan Israel melawan Iran, mereka tidak hanya melindungi dirinya sendiri tetapi juga negara-neara Eropa.

Dancila sendiri diketahui telah menyetujui sebuah memorandum rahasia untuk memindahkan kedutaannya itu ke Yerusalem. Keputusan ini sempat membuat ketegangan di tubuh pemerintah Rumania.

Presdien Rumania, Klaus Iohannis sempat menyerukan Dancila untuk mundur, karena kesal Dancila tidak berkonsultasi denganya terkait keputusan ini. Menurut hukum Rumania, pihak yang memiliki hak untuk mengambil keputusan untuk memindahkan kedutaan adalah presiden.

(esn)