Menlu Iran Tegaskan Dukungan Teheran untuk Maduro

loading…

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menegaskan dukungan Teheran kepada Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Foto/Istimewa

TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa Teheran akan mendukung pemerintah Venezuela yang saat ini menghadapi krisis politik. Hal itu ditegaskannya saat berbicara dengan koleganya dari Venezuela Jorge Arreaza lewat telepon.

Dalam kesempatan itu, Zarif mengatakan bahwa Republik Islam Iran akan mendukung pemerintah Venezuela dan warga di negara itu terhadap konspirasi seperti disitir Sputnik dari IRNA, Sabtu (26/1/2019).

Kedua menteri juga membahas cara melawan tindakan Amerika Serikat (AS) terhadap Venezuela dan pemerintah independen lainnya. Mereka juga telah membahas proposal dari pemerintah Meksiko dan Uruguay untuk memperkuat dialog lokal serta penggunaan cara diplomatik untuk menyelesaikan perselisihan antara pemerintah Venezuela dengan kelompok oposisi.

Baca Juga:

Pembicaraan telepon itu terjadi pada hari Rabu setelah pemimpin oposisi Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara negara itu dalam sebuah demonstrasi massa di Caracas. Sehari sebelumnya, Majelis Nasional Venezuela yang dijalankan oposisi mengadopsi pernyataan yang menyatakan Presiden Nicolas Maduro perampas kekuasaan.

Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Kanada, Chili dan Kolombia, antara lain, telah mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela, sedangkan beberapa negara lain, termasuk Rusia dan Meksiko, menyatakan dukungannya kepada Presiden incumbent Maduro sebagai pemimpin negara yang dipilih secara demokratis.

(ian)