Menhan AS: Belum Ada Pembahasan Soal Pengerahan Pasukan ke Kolombia

loading…

Menteri Pertahanan AS. Patrick M. Shanahan mengatakan, ia belum membicarakan rencana yang jelas untuk mengerahkan 5.000 tentara ke Kolombia dengan Bolton. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Patrick M. Shanahan mengatakan, ia belum membicarakan rencana yang jelas untuk mengerahkan 5.000 tentara ke Kolombia dengan Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton. Kabar pengerahan ini datang di tengah krisis di Venezuela.

“Saya belum membicarakannya (pengerahan pasukan) dengan Bolton,” kata Shanahan kepada wartawan di Washington, ketika ditanya tentang catatan Bolton, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (30/1).

Ditanya apakah dia akan mengesampingkan pengerahan 5.000 tentara ke Kolombia, Shanahan mengatakan dia tidak akan memberikan komentar apapun mengenai hal itu saat ini.

Baca Juga:

Seperti diketahui, kemarin Bolton memicu kegemparan di media sosial setelah muncul di briefing Gedung Putih dengan memegang buku catatan bertuliskan “5.000 tentara ke Kolombia”. Tulisan itu memicu spekulasi bahwa Amerika ingin mengivasi Venezuela.

Buku catatan warna kuning bertuliskan “5.000 tentara ke Kolombia” itu dipegang Bolton ketika dia Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengumumkan sanksi baru sanksi terhadap Venezuela.

Kolombia sendiri kemudian mengaku tidak paham dengan maksud dari catatan Bolton. Menteri Luar Negeri Kolombia, Carlos Holmes menegaskan bahwa mereka akan bergantung pada politik dan diplomasi dalam krisis Venezuela.

(esn)