Maduro: Minyak, Alasan AS Campur Tangan di Venezuela

loading…

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro sebut tujuan utama AS dalam berurusan dengan Venezuela adalah untuk mendapatkan cadangan minyak dan sumber daya alam lainnya. Foto/Reuters

CARACAS – Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengatakan, tujuan utama Amerika Serikat (AS) dalam berurusan dengan Venezuela adalah untuk mendapatkan cadangan minyak dan sumber daya alam lainnya.

“Ada beberapa tujuan. Tujuan utama adalah untuk mendapatkan minyak Venezuela, karena kami memiliki cadangan minyak bersertifikat terbesar di dunia,” kata Maduro dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (30/1).

“Kami mensertifikasi apa yang ada di jalur untuk menjadi cadangan emas terbesar di dunia, kami memiliki cadangan gas terbesar keempat di dunia, kami memiliki cadangan berlian, cadangan air minum, aluminium, besi, coltan yang sangat besar. Kami adalah kekuatan di bidang sumber daya energi, sumber daya alam,” sambungnya.

Baca Juga:

Maduro kemudian mengatakan, tujuan kedua AS terkait dengan ideologi dan bahwa AS berusaha untuk membunuh semangat sejarah, budaya, dan tradisi Bolivarian.

“Venezuela adalah negara tempat Simon Bolivar lahir. Kami memiliki tradisi Bolivarian terkuat di sini. Selama 200 tahun, proyek revolusioner kami telah memengaruhi Amerika Latin dan negara-negara Karibia. Mereka (AS) ingin menghancurkan secara fundamental contoh, gagasan, semangat Simon Bolivar,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa AS selalu menganggap Venezuela sebagai ‘halaman belakang’ mereka. “Kami bukan halaman belakang siapa pun, kami adalah republik merdeka,” tukasnya.

(esn)