Lengserkan Maduro, Oposisi-Militer Venezuela Gelar Pembicaraan Rahasia

loading…

Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido mengatakan sedang melakukan negosiasi rahasia dengan pejabat militer negara itu dalam upaya untuk memaksa Maduro mundur. Foto/Reuters

CARACAS – Pemimpin oposisi Venezuela, Juan Guaido mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan negosiasi rahasia dengan pejabat pemerintah dan militer negara itu dalam upaya untuk memaksa Presiden Nicolas Maduro untuk mundur.

Dalam sebuah wawancara dengan media Amerika Serikat (AS), Washington Post, Guaido mengatakan, upaya untuk melengserkan Maduro adalah sebuah upaya yang rumit dan sulit, yang membutuhkan campur tangan banyak pihak.

“Kami telah melakukan pembicaraan dengan pejabat pemerintah, warga sipil dan militer. Ini adalah masalah yang sangat rumit, yang melibatkan keamanan pribadi. Kami bertemu dengan mereka, tetapi diam-diam,” kata Guaido dalam wawancara itu, seperti dilansir Sputnik pada Senin (28/1).

Baca Juga:

Sementara itu, melalui akun Twitternya, Guaido meminta para pendukungnya untuk mengambil bagian dalam aksi unjuk rasa baru yang dijadwalkan akan digelar pada hari Rabu dan Sabtu mendatang.

“Pada hari Rabu, sebuah demonstrasi massa akan diadakan, dan saya menyerukan kepada rakyat Venezuela untuk turun ke jalan. Unjuk rasa lain akan diadakan pada hari Sabtu,” kicau Guaido.

Dia juga mengatakan bahwa aksi demonstrasi tersebut bertujuan untuk mempromosikan penghormatan terhadap HAM di negara itu, untuk mengakhiri perebutan kekuasaan, dan juga untuk memastikan kemungkinan menerima bantuan kemanusiaan.

(esn)