Korut Tegaskan Serius Ingin Berdamai dengan AS

loading…

Korut menyebut hubungan dengan AS akan berkembang sangat cepat jika AS menanggapi upaya Korut pada denuklirisasi dengan langkah-langkah yang dapat dipercaya. Foto/Istimewa

JENEWA – Korea Utara (Korut) mengatakan, mereka serius untuk berdamai dengan Amerika Serikat (AS). Korut menyebut hubungan dengan AS akan berkembang sangat cepat jika Washington menanggapi upaya Pyongyang pada denuklirisasi dengan langkah-langkah yang dapat dipercaya.

Duta Besar Korut untuk PBB di Jenewa, Han Tae Song, mengatakan pada Konferensi Perlucutan Senjata yang disponsori oleh AS bahwa Pyongyang akan terus bekerja untuk membangun mekanisme perdamaian permanen dan tahan lama di semenanjung Korea.

“Pertemuan pemimpin pada Juni lalu antara pemimpin Korut, Kim Jong-un dan Presiden AS, Donald Trump telah membawa perubahan dramatis dalam hubungan yang paling bermusuhan di bumi dan berkontribusi untuk memastikan perdamaian dan keamanan di semenanjung yang terbagi,” ucap Han, seperti dilansir Reuters pada Selasa (29/1).

Baca Juga:

Han menuturkan, berdasarkan perjanjian itu Korut tidak akan membuat dan menguji senjata nuklir lagi atau menggunakan dan memperbanyak senjata nuklir. Korut, papar Han, juga telah mengambil berbagai langkah praktis terkait hal ini.

“Jika AS menanggapi upaya kami dengan langkah-langkah yang dapat dipercaya dan tindakan praktis yang sesuai, hubungan bilateral akan berkembang luar biasa dengan langkah cepat melalui proses mengambil langkah-langkah yang lebih pasti dan penting,” ucapnya.

(esn)