Jerman Minta Inggris Pikirkan Kembali Soal Brexit

loading…

Menteri Urusan Eropa Jerman, Michael Roth mendesak Inggris untuk berpikir tentang meninjau kembali keputusannya untuk meninggalkan Uni Eropa (UE). Foto/Reuters

BERLIN – Menteri Urusan Eropa Jerman, Michael Roth mendesak Inggris untuk berpikir tentang meninjau kembali keputusannya untuk meninggalkan Uni Eropa (UE). Roth menyatakan, UE siap menerima kembali Inggris, jika London memutuskan hal itu.

“Pintu ke UE selalu tetap terbuka, mungkin pikirkan lagi,” kata Roth dalam wawancara dengan radio Jerman, ARD seperti dilansir Reuters pada Senin (21/1).

Setelah melihat kesepakatannya untuk meninggalkan UE ditolak Parlemen Inggris minggu lalu, Perdana Menteri Inggris, Theresa May telah membuka pembicaraan dengan anggota parlemen dari semua pihak untuk mencoba menemukan cara untuk bergerak maju dengan Brexit.

Baca Juga:

“Saya sering mengatakan, Shakespeare tidak bisa menulis lebih baik dari tragedi yang sekarang kita saksikan di Inggris. Saya tidak begitu yakin sekarang, karena Shakespeare akan mendorong batas imajinasinya,” ucap Roth.

“Saya berharap dulu bahwa Inggris mengatakan sekarang apa yang mereka inginkan. Mereka dalam beberapa pekan terakhir mengatakan kepada kami apa yang tidak mereka inginkan. Sekarang kami membutuhkan sinyal yang jelas. Kami siap untuk negosiasi,” ungkapnya.

Secara terpisah, Menteri Ekonomi Jerman, Peter Altmaier mengatakan kepada radio RBB, bahwa ia optimis apa yang disebut Brexit keras, atau tidak ada kesepakatan, tidak dapat dihindari.

(esn)