Israel: Hanya Rusia yang Bisa Buat Iran Keluar dari Suriah

loading…

Mantan Kepala Angkatan Udara Israel (IAF), Amir Eshel mengatakan, satu-satunya yang bisa membuat Iran untuk angkat kaki dari Suriah adalah Rusia. Foto/Istimewa

TEL AVIV – Mantan Kepala Angkatan Udara Israel (IAF), Amir Eshel mengatakan, satu-satunya yang bisa membuat Iran untuk angkat kaki dari Suriah adalah Rusia. Eshel menyebut, aksi militer tidak akan berpengaruh pada Iran.

Berbicara di sebuah panel di National Security Research Institute, Eshel, yang menjabat sebagai kepala IAF hingga tahun 2017, menuturkan, serangan sekeras apapun tidak akan membuat Iran keluar dari Suriah.

“satu-satunya yang bisa mengeluarkan Iran dari Suriah adalah Rusia. Tapi, bagaimanapun ada peluang besar bahwa Rusia akan melakukan hal yang sama pada kita,” kata Eshel, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (29/1).

Baca Juga:

Di kesempatan yang sama, Eshel membantah klaim bahwa Israel berada di ambang peperangan. “Tapi, kita tidak boleh menipu diri sendiri, sesuatu yang terus berkembang dan kita melihat ini dengan penembakan rudal di Hermon,” ucapnya.

Eshel merujuk sebuah insiden awal bulan ini, di mana sebuah roket ditembakkan di Dataran Tinggi Golan utara dan dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome di atas resor ski Gunung Hermon.

“Satu-satunya alternatif untuk situasi saat ini adalah pilihan yang hampir tidak mungkin bahwa Amerika akan bertindak di bidang global, tetapi saya tidak berpikir itu akan terjadi. Saya pikir bahwa Suriah juga tidak ingin menjadi “tong mesiu” Iran,” tukasnya.

(esn)