Hampir 10 Tahun di Bandara Madrid, ‘Pesawat Hantu’ Ini Bikin Bingung

loading…

Bandara Adolfo Surez Barajas, Madrid, tempat pesawat hantu parkir hampir 10 tahun. Foto/Wikimedia

MADRID – Otoritas bandara Madrid, Spanyol, dibuat bingung dengan keberadaan sebuah pesawat tak bertuan atau “pesawat hantu”. Pesawat seharga lebih dari Rp18 miliar itu sudah parkir di bandara sejak Juli 2010 atau hampir 10 tahun.

Kini, pihak bandara meminta siapa pun yang mengklaim sebagai pemilik pesawat untuk datang.

Permintaan itu disampaikan direktur bandara Elena Mayoral dalam pemberitahuan publik yang juga ditujukan kepada pemerintah Spanyol pada hari Jumat. Pengumuman itu awalnya dipublikasikan The Boletín Oficial del Estado.

Baca Juga:

Pegumuman ini akan berlaku selama tiga bulan ke depan. Setelah itu, jika pemiliknya tidak ditemukan, pesawat itu akan dijual di pelelangan dan hasilnya akan dimasukkan ke dalam perbendaharaan Spanyol.

Pesawat tersebut berjenis jet komersial jarak menengah McDonnell Douglas MD87. Pesawat tiba di Bandara Adolfo Suárez Barajas pada tahun 2010. Sejak itu seseorang telah merekam motor dan sistem statis pilot.

Staf bandara menjulukinya sebagai “pesawat hantu” karena berdiam di bandara tanpa dioperasikan.

Keberadaan jet misterius itu memicu spekulasi bahwa pemiliknya takut datang karena akan dikenai tagihan pajak yang besar. Kendati demikian, ada beberapa petunjuk tentang dari mana asal-asulnya.

Surat kabar Spanyol El Pais, yang dikutip Senin (28/1/2019), menemukan bahwa jet itu dibeli oleh perusahaan yang berbasis di Kepulauan Canary bernama Saicus Air pada Juli 2010.

Perusahaan tersebut gulung tikar pada bulan Desember pada tahun itu.

(mas)