Giliran Bandara AS Diganggu Drone Pengacau

loading…

Drone misterius mengganggu aktivitas Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey. Foto/Ilustrasi/Istimewa

NEW YORK – Insiden kemunculan sebuah drone yang mengganggu aktivitas bandara kembali terjadi. Kali ini di Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey.Semua lalu lintas di Bandara Internasional Newark Liberty di New Jersey dihentikan sementara setelah sebuah drone terlihat terbang di atas Bandara Teterboro di dekatnya. Insiden ini mengganggu perjalanan udara di wilayah kota New York.
Federal Aviation Administration (FAA) memerintahkan pemberhentian darat di Newark pada Selasa malam, setelah dua drone terlihat terbang pada ketinggian 1 km di atas Teterboro, bandara terdekat yang melayani penerbangan pribadi dan perusahaan seperti dikutip dari RT, Rabu (23/1/2019).

Meskipun pemberhentian darat untuk keberangkatan dicabut setelah sekitar setengah jam, namun penerbangan kedatangan masih ditunda karena masih hal yang harus ditangani. Newark Liberty (EWR) adalah bandara tersibuk ke-11 di AS.

Insiden di Newark ini terjadi hanya beberapa minggu setelah kemunculan drone memaksa dua bandara utama di Inggris melakukan penundaan penerbangan dan ditutup. Semua penerbangan ke dan dari London Heathrow dihentikan pada 8 Januari setelah penampakan sebuah drone.

Baca Juga:

Pada 19 Desember, bandara London Gatwick juga ditutup selama tiga hari karena kemunculan sebuah drone, yang mengakibatkan pembatalan 1.000 penerbangan yang memengaruhi 140.000 penumpang, menurut Reuters.

Kedua bandara sejak itu memesan teknologi anti-drone tingkat militer.

Catatan pemerintah AS menunjukkan ada hampir 1,3 juta drone terdaftar dan lebih dari 116.000 operator drone di negara itu. Namun, pemerintah yakin ada “ratusan ribu” drone tambahan yang tidak terdaftar di AS.

(ian)