Gedung Putih Dilaporkan Siapkan Draft Keadaan Darurat Nasional

loading…

Gedung Putih dilaporkan telah menyiapkan draft keadaan darurat nasional untuk diumumkan oleh Presiden Donald Trump. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Gedung Putih sedang mempersiapkan rancangan pengumuman keadaan darurat untuk diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Ini dilakukan untuk mengamankan pendanaan untuk tembok di sepanjang perbatasan selatan, seperti dilaporkan oleh CNN.

CNN memperoleh dokumen internal yang menunjukkan pemerintah AS telah mengidentifikasi lebih dari USD7 miliar dalam pendanaan untuk tembok perbatasan jika Trump memilih untuk mengumumkan keadaan darurat nasional.

“Rancangan deklarasi ini berpendapat bahwa sejumlah besar orang asing yang memasuki Amerika Serikat secara ilegal setiap hari adalah ancaman langsung terhadap keselamatan dan keamanan bangsa kita dan merupakan keadaan darurat nasional,” lapor CNN seperti disitir The Hill, Jumat (25/1/2019).

Baca Juga:

CNN melaporkan bahwa pemerintah AS akan mencari cara untuk menarik sebagian besar uang untuk tembok perbatasan dari konstruksi militer dan dana pekerjaan sipil Pentagon, dengan dana tambahan datang dari Kantor Eksekutif Perbendaharaan untuk Aset yang Hilang dan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

“Deklarasi telah diperbarui dalam seminggu terakhir,” seorang pejabat mengatakan kepada CNN.

Gedung Putih sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait laporan ini.

Partai Demokrat telah menyatakan skeptis tentang legalitas deklarasi semacam ini, dan jika Trump menindaklanjutinya, kemungkinan akan dibawa ke meja pengadilan. Sementara Partai Republik telah mengindikasikan mereka akan lebih suka Trump tidak menggunakan opsi seperti itu untuk membangun tembok.

Penutupan sebagian pemerintah yang telah berlangsung selama 34 hari dipicu oleh permintaan Trump untuk pendanaan pembangunan tembok perbatasan. Demokrat telah berulang kali menolak permintaan itu, dan mendesak presiden untuk membuka pemerintah di tengah negosiasi keamanan perbatasan.

Senat pada hari Kamis menolak dua langkah untuk membuka kembali pemerintah.

Sebagai tanggapan, Trump mengatakan dia akan mendukung solusi “masuk akal” yang ditengahi oleh para pemimpin Senat, tetapi dia akan menggunakan alternatif lain jika diharuskan.

Presiden Trump awal bulan ini telah melayangkan kemungkinan menyatakan darurat nasional untuk memulai pembangunan tembok di perbatasan dengan Meksiko. Dia menyatakan keyakinannya pada kedudukan hukumnya, tetapi kemudian mundur dan mengatakan Kongres harus mengatasi masalah ini.

(ian)