China Akui Taliban sebagai Faksi Politik Afghanistan

loading…

Dubes China untuk Pakistan Yao Jing mengatakan Beijing mengakui Taliban sebagai kekuatan politik di tengah partisipasinya dalam proses perdamaian di Afghanistan. Foto/Istimewa

ISLAMABAD – Duta Besar China untuk Pakistan, Yao Jing mengatakan, Beijing mengakui Taliban sebagai kekuatan politik di tengah partisipasinya dalam proses perdamaian di Afghanistan.

“China akan menganggap Taliban sebagai kekuatan politik, karena mereka sekarang menjadi bagian dari proses politik Afghanistan dan mereka memiliki beberapa masalah politik,” kata Yao dalam sebuah pernyataan.

China, lanjut Yao, telah memiliki kontak dengan pemerintah Afghanistan dan Taliban, dan pemerintah China telah mengirim utusn khusus untuk mengunjungi kantor politik Taliban di Doha, Qatar.

Baca Juga:

“China mendukung semua upaya yang diambil untuk perdamaian di Afghanistan, karena rakyat Afghanistan layak mendapatkan perdamaian dan stabilitas,” ungkapnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (23/1).

Yao di kesempatan yang sama juga memuji peran Pakistan dalam memfasilitasi proses perdamaian Afghanistan, termasuk upayanya untuk memfasilitasi pembicaraan antara Taliban dan Amerika Serikat (AS) dan membantu mengakhiri konflik panjang di Afghanistan.

(esn)