AS Tutup Kantor Bantuan Pembangunan di Palestina

loading…

AS akan menutup kantor dan memotong dana untuk proyeknya di bawah Badan Pembangunan Internasional (USAID), baik di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 31 Januari. Foto/Sputnik

WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) akan menutup kantor dan memotong dana untuk semua proyeknya di bawah Badan Pembangunan Internasional (USAID), baik di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 31 Januari.

Mantan direktur misi USAID dan direktur pelaksana Georgetown Strategy Group, Dave Harden menuturkan, hal ini sekali lagi menunjukan kurangnya pengetahuan Washington mengenai kompleksitas situasi di lapangan.

“Pemerintah sekali lagi menunjukkan kurangnya nuansa, pengalaman, dan penghargaan untuk kompleksitas situasi,” kata Harden dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (18/1).

Baca Juga:

“Siapa yang menderita ketika USAID meninggalkan sekolah dan sistem air yang belum selesai? Palestina, tentu saja, tetapi juga Israel dan Amerika. Pemerintah hanya memberi Hamas lebih banyak ruang untuk berlari,” sambungnya.

Dia kemudian mengatakan, penutupan kantor USAID di Palestina adalah contoh lain dari akhir dari solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina.

Keputusan Washington untuk memotong seluruh bantuan luar negeri AS ke Palestina sendiri sejatinya telah diumumkan oleh pemerintahan Presiden AS, Donald Trump pada bulan Agustus tahun lalu.

(esn)