AS Klaim Pembicaraan Damai dengan Taliban Alami Kemajuan

loading…

Utusan khusus AS untuk Rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengatakan, AS dan Taliban membuat kemajuan yang signifikan pada masalah-masalah vital. Foto/Istimewa

KABUL – Utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengatakan, AS dan Taliban Afghanistan membuat kemajuan yang signifikan pada masalah-masalah vital setelah konsultasi enam hari di Qatar.

“Pertemuan itu lebih produktif daripada dengan pertemuan di masa lalu. Kami membuat kemajuan yang signifikan pada masalah-masalah vital,” kata Khalilzad dalam sebuah pernyataan di akun Twitter-nya.

“Namun, ada sejumlah masalah yang tersisa untuk diselesaikan. Kesepakatan harus mencakup dialog intra-Afghanistan dan gencatan senjata yang komprehensif,” sambungnya, seperti dilansir Xinhua pada Minggu (27/1).

Baca Juga:

Setelah pertemuan dengan Taliban di Doha, Khalilzad dilaporkan langsung menuju ke Kabul untuk berkonsultasi dengan pemerintah Afghanistan.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan Washington serius dalam mencapai perdamaian dan menegaskan tujuan mencegah Afghanistan menjadi ruang untuk terorisme internasional, serta membawa pulang militer AS.

Ada sekitar 14 ribu tentara AS saat ini dikerahkan di Afghanistan, dan pemerintahan Presiden AS, Donald Trump dilaporkan berencana untuk membawa setengah dari mereka pulang kerumah.

(esn)