Alasan Keamanan, Jerman Cabut Izin Operasi Maskapai Iran

loading…

Jerman melihat keberadaan Mahan Air memberikan kekhawatiran keamanan dan kecurigaan bahwa maskapai itu digunakan untuk tujuan militer. Foto/Istimewa

BERLIN – Seorang sumber di pemerintah Jerman mengatakan, Berlin telah mencabut hak maskapai penerbangan Iran, Mahan Air, untuk beroperasi di Jerman. Dia menyebut, pencabutan izin operasi ini didasari oleh alasan keamanan.

Sumber yang berbicara dalam kondisi anonim itu mengatakan, Jerman melihat keberadaan Mahan Air memberikan kekhawatiran keamanan dan kecurigaan bahwa maskapai itu digunakan untuk tujuan militer.

“Pemerintah mencurigai maskapai itu, yang telah masuk dalam daftar sanksi Amerika Serikat (AS) sejak 2011, digunakan untuk tujuan militer oleh Garda Revolusi Iran serta untuk kegiatan teroris,” kata sumber itu, seperti dilansir Reuters pada Senin (21/1).

Baca Juga:

Pemerintah Jerman sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai kabar ini. Sebelumnya, media Jerman melaporkan bahwa seorang warga negara berkebangsaan Afghanistan-Jerman berusia 50 tahun yang bekerja untuk militer Jerman telah ditangkap dengan tuduhan mentransfer data militer sensitif ke Teheran.

Iran sendiri dengan keras menolak laporan tersebut. Teheran mengatakan, klaim itu adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk merusak hubungan baik antara Teheran dan Eropa.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi mengatakan, bahwa tidak ada hubungan apa pun antara orang tersebut dan Iran. Dia menyebut, klaim seperti itu sama sekali tidak mengejutkan, mengingat semua upaya untuk mengganggu hubungan Teheran dengan Eropa setelah AS keluar dari kesepakatan nuklir.

(esn)