Afghanistan: 45 Tewas Akibat Serangan Taliban di Pangkalan Militer

loading…

Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa lokasi serangan Taliban di Maidan Shar, ibukota provinsi Maidan Wardak, sebelah timur Kabul, Afghanistan. Foto/Istimewa

KABUL – Para pejabat Afghanistan mengatakan serangan mematikan kelompok militan Taliban di sebuah pangkalan militer di provinsi timur negara itu menewaskan sedikitnya 45 orang. Kebanyakan dari korban adalah personil militer.

Meski begitu, ada kekhawatiran jumlah korban jiwa akan lebih tinggi.

Anggota dewan provinsi Maidan Wardak, Khawanin Sultani, kepada The Associated Press yang dikutip Fox News, Selasa (22/1/2019), mengatakan bahwa serangan itu juga menyebabkan lebih dari 70 orang terluka.

Baca Juga:

Provinsi Maidan Wardak berada di luar Kabul dan pangkalan itu juga berfungsi sebagai pusat pelatihan bagi milisi pro-pemerintah.

Sultani mengatakan seorang pembom bunuh diri Taliban pertama kali membawa Humvee ke pangkalan dan meledakkan muatannya ketika ia menabrak kendaraan ke gedung utama di sana. Setelah itu, empat penyerang lainnya terlibat baku tembak dengan pasukan Afghanistan; semua penyerang terbunuh.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Afghanistan telah berhenti mengeluarkan angka-angka korban secara terperinci. Tahun lalu, Ghani mengatakan 28.000 perwira polisi dan tentara Afghanistan telah terbunuh sejak 2015, berbeda dengan data korban yang sudah lama.

Serangan ini adalah serangan terbaru dari serangkaian serangan mematikan dalam beberapa bulan terakhir oleh Taliban, yang telah menguasai sekitar setengah dari Afghanistan.

(ian)