10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

loading…

Dalam sejarah, setidaknya ada 10 putusan pengadilan termahal terkait nilai ganti rugi yang harus dibayar pihak bersengketa, baik yang melibatkan perusahaan maupun kasus-kasus perceraian. Ilustrasi/SINDOnews

DI dalam sistem demokratis, penyelesaian hukum menjadi garda terdepan mencari solusi konflik baik bersifat pidana maupun perdata. Selain hukuman penjara atau kurungan, penyelesaian secara hukum juga lazim diikuti dengan pembayaran denda atau ganti rugi gugatan.

Dalam sejarah, setidaknya ada 10 putusan pengadilan termahal terkait nilai ganti rugi yang harus dibayar pihak bersengketa, baik yang melibatkan perusahaan maupun kasus-kasus perceraian.

1. The Master Tobacco Settlement (USD206 miliar)*

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Penyelesaian hukum tahun 1998 ini adalah salah satu class action terbesar dalam sejarah yang akan selalu diingat. Jaksa Agung di lebih dari 46 negara bagian di Amerika Serikat (AS) mengajukan gugatan individu terhadap enam perusahaan tembakau terbesar yang berbasis di AS.

Baca Juga:

Tuntutan hukum ini diajukan terutama untuk menolak praktik tidak etis serta memulihkan biaya perawatan kesehatan untuk merawat perokok dengan riwayat merokok seumur hidup. Jumlah penyelesaian gugatan yang disepakati adalah USD206 miliar yang dialokasikan membantu rumah sakit dalam memberikan peningkatan bantuan perawatan kesehatan dan memulai kampanye anti-merokok untuk 25 tahun pertama perjanjian.

2. Enron Scam Settlement (USD7,2 miliar)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Ini dianggap sebagai salah satu litigasi sekuritas terbesar dalam sejarah AS. Para investor dan pemegang saham yang telah menghabiskan uang mereka menderita kerugian besar ketika perusahaan energi Enron terlibat dalam skandal keuangan dan bangkrut pada 2001.

Proses pengadilan pemegang saham berlangsung selama hampir 6 tahun dan para pemegang saham akhirnya memenuhi syarat untuk mendapatkan USD7,2 miliar sebagai bagian dari penyelesaian yang disetujui oleh pengadilan federal.

3. Perceraian miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev (USD4,5 miliar)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev diketahui memiliki dugaan perselingkuhan setelah menikah dengan sang istri Elena Rybolovlev. Akhirnya ketika penyelesaian perceraian tercapai, pengadilan memerintahkan dia membayar kepada mantan istrinya sejumlah USD4,5 miliar yang merupakan salah satu perceraian termahal dalam sejarah pernikahan di dunia.

4. Perceraian Raja Media Rupert Murdoch (USD2 miliar)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Raja media Rupert Murdoch mengarungi bahtera rumah tangga selama hampir 32 tahun dengan sang istri Anna Torv. Di pertengahan jalan pernikahan mereka digoyang isu perselingkuhan.

Murdoch dan Anna Torv akhirnya bercerai. Kasus perceraian keduanya dianggap sebagai salah satu perceraian termahal di mana Anna menerima aset senilai USD2 miliar bersama dengan sejumlah besar uang lainnya bernilai USD110 juta.

5. Perceraian Pegolf Tiger Woods (USD750 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Rumah tangga pegolf Tiger Woods dan istrinya Elin Nordegren yang menikah pada 2004 digoyang isu perselingkuhan. Wood diisukan memiliki affair dengan setidaknya 20 perempuan.

Akhirnya Wood dan Elin setuju bercerai pada 2010. Pengadilan memerintahkan mantan pegolf nomor satu dunia itu membayar USD750 juta sebagai bagian dari penyelesaian perceraian.

6. Countrywide Financial Corporation (USD335 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Countrywide Financial memberikan contoh buruk kepada masyarakat perbankan dan komunitas hipotek lainnya atas prasangka mereka terhadap minoritas. Sebagai akibatnya, Departemen Kehakiman AS harus campur tangan dan menemukan bahwa mereka memungut jumlah yang sangat tinggi untuk lebih dari 200.000 klien ari kalangan minoritas. Dalam tahap penyelesaian Countrywide Financial akhirnya diminta membayar USD335 juta kepada pelanggan.
7. Perceraian Michael Jordan (USD168 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Perceraian legenda basket dunia, Michael Jordan dengan istrinya Juanita Vanoy ditahbiskan sebagai penyelesaian perceraian termahal pasangan selebriti. Jordan dan Vanoy bercerai pada 2007. Sesuai perintah pengadilan, Jordan diminta membayar USD168 juta untuk Vanoy selain juga perhiasan serta properti termasuk rumah darinya.

8. Bank of America dan George McReynolds (USD160 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Pada 2005, George McReynolds mengumumkan secara terbuka bahwa Bank of America, yang merupakan anak perusahaan Merrill Lynch membuat diskriminasi antara karyawan Afrika Amerika dan karyawan kulit putih.

Menurut klaimnya, para karyawan tidak mendapatkan jumlah gaji sama berdasarkan keterampilan serta jenjang karier yang adil di perusahaan. Setelah dilakukan gugatan akhirnya perusahaan sepakat membayar USD160 juta untuk lebih dari 700 karyawan Afrika Amerika yang disebutkan dalam daftar mengalami diskriminasi.

9. Ashley Alford dan The Aarons (USD95 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Aarons adalah salah satu unit bisnis sewa terkemuka yang memiliki sekitar 2.000 toko di seluruh dunia termasuk Kanada. Mereka terutama mengkhususkan diri dalam menawarkan barang elektronik sewa, peralatan rumah tangga dengan perabotan.

Suatu hari salah satu karyawan Aaron bernama Ashley Alford memiliki masalah dengan pekerjaan dan mengaku mendapat pelecehan. Setelah beberapa kali mengajukan keluhan ke perusahaan dan tidak direspons, akhirnya ia mengajukan gugatan ke pengadilan. Sebagai bagian dari penyelesaian akhirnya perusahaan diminta membayar USD95 juta kepada Ashley.

10. Universitas Princeton (USD7 juta)

10 Putusan Pengadilan Termahal di Dunia

Princeton University adalah universitas penelitian Ivy League swasta, yang didirikan pada 1746 dan berlokasi di New Jersey, AS. Pada 1960-an, banyak keluarga kaya telah memberikan kontribusi uang sangat besar kepada universitas ini. Namun sayangnya uang tersebut tidak dimanfaatkan untuk tujuan yang benar.

Akibatnya, pihak keluarga mahasiswa memutuskan menuntut Universitas Princeton dan mengajukan gugatan. Akhirnya, pihak universitas diperintahkan membayar USD7 juta dan juga mengubah cara penggunaan uang yayasan. (Wahyono)
*nilai penyelesaian gugatan yang disepakati
Sumber: exploredia.com, www.rankred.com

(poe)